Sebelum Anda memutuskan untuk melebarkan usaha dengan memasuki pasar online, Anda sebaiknya menyiapkan beberapa hal terlebih dulu agar produk Anda lebih dikenal dan mendapatkan profit semaksimal mungkin. Monica Earton-Cardone, seorang pakar e-commerce merekomendasikan empat hal berikut seperti dilansir dari Payments Journal (Jumat, 13/10).
Platform e-commerce memungkinkan Anda membangun etalase digital sehingga Anda dapat berinteraksi dengan pelanggan. Anda bisa membangun situs e-commerce sendiri, namun jika usaha Anda masih skala kecil dan menengah, platform e-commerce terpadu seperti Tokopedia, Bukalapak dan Blibli merupakan pilihan terbaik.
Untuk mencegah kejahatan cyber, lakukan metode verifikasi berlapis untuk memvalidasi identitas pelanggan toko online Anda. Bagian yang paling penting adalah verifikasi nomor induk kependudukan, alamat, dan autentikasi perangkat. Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan penyedia layanan e-wallet sebagai antisipasi mencegah kecurangan keuangan.
Adakalanya pelanggan tidak puas dengan barang yang sudah mereka beli dan ingin melakukan pengembalian, sederhanakan proses ini agar tidak rumit dan menyulitkan pelanggan. Hal ini termasuk tidak membatasi jam kerja penerimaan barang, menyingkat durasi pengembalian barang dan melayani komplain pelanggan sebaik mungkin. Jika konsumen merasa puas dengan pelayanan Anda, kemungkinan besar dia akan kembali berbelanja di toko online Anda.
Konsumen cenderung berpindah perangkat saat melakukan proses pembelian termasuk melalui smartphone, tablet, atau desktop. Anda harus memastikan performa pelayanan Anda sama baiknya meskipun menggunakan perangkat yang berbeda-beda. Hal tersebut akan menciptakan pelanggan yang royal kepada toko online Anda
1. Temukan platform e-commerce yang tepat
Platform e-commerce memungkinkan Anda membangun etalase digital sehingga Anda dapat berinteraksi dengan pelanggan. Anda bisa membangun situs e-commerce sendiri, namun jika usaha Anda masih skala kecil dan menengah, platform e-commerce terpadu seperti Tokopedia, Bukalapak dan Blibli merupakan pilihan terbaik.
2. Lakukan metode verifikasi berlapis
Untuk mencegah kejahatan cyber, lakukan metode verifikasi berlapis untuk memvalidasi identitas pelanggan toko online Anda. Bagian yang paling penting adalah verifikasi nomor induk kependudukan, alamat, dan autentikasi perangkat. Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan penyedia layanan e-wallet sebagai antisipasi mencegah kecurangan keuangan.
3. Sederhanakan proses pengembalian barang
Adakalanya pelanggan tidak puas dengan barang yang sudah mereka beli dan ingin melakukan pengembalian, sederhanakan proses ini agar tidak rumit dan menyulitkan pelanggan. Hal ini termasuk tidak membatasi jam kerja penerimaan barang, menyingkat durasi pengembalian barang dan melayani komplain pelanggan sebaik mungkin. Jika konsumen merasa puas dengan pelayanan Anda, kemungkinan besar dia akan kembali berbelanja di toko online Anda.
4. Konsisten
Konsumen cenderung berpindah perangkat saat melakukan proses pembelian termasuk melalui smartphone, tablet, atau desktop. Anda harus memastikan performa pelayanan Anda sama baiknya meskipun menggunakan perangkat yang berbeda-beda. Hal tersebut akan menciptakan pelanggan yang royal kepada toko online Anda
Post A Comment:
0 comments: